Senin, 19 Februari 2018

Machu Picchu

Hasil gambar untuk machu picchu bahasa indonesia

Machu Picchu ( Bahasa Quechua Machu Pikchu, "Gunung Tua";sering juga disebut "Kota Inca yang hilang") adalah sebuah lokasi reruntuhan Inca pra-Columbus yang terletak di wilayah pegunungan pada ketinggian sekitar 2.350 m di atas permukaan laut. Machu Picchu berada di atas lembah Urubamba di Peru, sekitar 70 km barat laut Cusco.


"Machu Picchu dibangun sekitar 1440 Masehi oleh pendiri kerajaan Inca Pachacutec Yupanqui. Machu Picchu merupakan simbol komunitas dan dedikasi.Machu Picchu berarti \\\'gunung tua\\\' dalam bahasa Indian setempat. Berdiri berabad-abad di tengah rimba Amazon, di hulu Sungai Urubamba.Machu Picchu menarik perhatian internasional ketika pertama kali ditemukan kembali oleh arkeolog Amerika Hiram Bingham pada tahun 1911. Muncullah berbagai teori mengenai puing-puing kota yang berdiri di atas perbukitan itu.Beberapa peneliti percaya Machu Picchu adalah makam Pachacutec, karena terdapat bangunan-bangunan yang dilapisi emas. Beberapa peneliti lain berteori Machu Picchu adalah \\\'Ilacta\\\' atau kota untuk mengontrol ekonomi daerah-daerah taklukan dan melindungi para bangsawan Inca.Teori lainnya adalah Machu Picchu sebagai \\\'vila\\\' para pembesar Inca, sekaligus sebagai tempat upacara pengamatan musim dan astrologi. Siluet gunung (Huayna Picchu atau \\\'gunung muda\\\') yang berada di latar belakang Machu Picchu menunjukkan hidung orang Inca yang melihat ke langit.Machu Picchu ini bertingkat-tingkat, semakin tinggi tingkatannya, semakin tinggi tingkat kekuasaan orang yang menempatinya. Di tempat tertinggilah tempat para pendeta Inca mengadakan upacara menghormati matahari setiap harinya.Di wilayah itu terdapat sebuah batu seukuran piano yang disebut sebagai \\\'intihuatana\\\' (tempat tambatan matahari). Batu ini sebagai jam matahari.Machu Picchu memiliki lahan pertanian yang luas untuk ditanami jagung, koka, dan mawar.Bukti menunjukkan Machu Picchu ditinggalkan Inca ketika Spanyol memasuki daratan Amerika Selatan. Namun para ahli menduga wabah cacarlah yang menyebabkan Machu Picchu ditinggalkan. Lebih dari 50 persen populasinya terbunuh akibat wabah itu pada tahun 1527.Pemerintahan Inca pun jatuh, perang saudara berkecamuk. Ketika penakluk Spanyol Pizzaro tiba di Cuzco pada tahun 1532, Machu Picchu keburu menjadi kota hantu di atas awan."

(https://news.detik.com/berita/802550/machu-picchu-kota-berlapis-emas)

Terdiri dari batu-batuan besar dan berat, Machu Picchu memiliki luas lebih dari 300.000 kilometer persegi, dan terdiri atas batu-batuan raksasa yang beratnya mencapai 50 ton. Selain itu ada banyak sekali bangunan-bangunan berbeda fungsi di Machu Picchu, meski bangunan utamanya hanya tiga.
Tiga Bangunan utama tersebut adalah Temple of the Sun atau Kuil Matahari, dan Room of the Three Windows atau Ruangan Tiga Kaca, dan Intihuatana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar